Text
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit "X" di Sidoarjo
XMLAbstrak: Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu sarana pelayanan kesehatan adalah rumah sakit, rumah sakit dituntut memberikan pealyanan yang berkualitas guna terciptanya suatu kepuasan. Kepuasan erat kaitannya dengan pelayanan yang diharapkan dan kenyataan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu perlu adanya pengukuran kepuasan pasien untuk melihat sejauh mana pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan pasien. Penelitian menggunakan metode deskriptif yang bersifat prospektif. Dengan teknik purpose sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja. Penelitian dilakukan pada bulan februari 2020, dengan memberikan lembar kuisioner kepada pasien yang berkunjung dan pernah mendapatkan pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit "X"di Sidoarjo yaitu dapat berkomunikasi dengan baik, menggunakan bahasa Indonesia,bersedia diwawancara, dengan ketentuan ≤18 tahun, 19-45 tahun dan ≥46 tahun. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator bukti fisik atau sarana prasarana sebesar 72% dengan
kategori puas, indikator kepedulian sebesar 66% dengan kategori puas, dan indikator kehandalan sebesar 67% dengan kategori puas sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan secara keseluruhan adalah 68% yakni puas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pelayanan yang diberikan di instalasi farmasi rumah sakit "x" kepada pasien dikategorikan baik.
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Pasien BPJS Rawat Jalan
Detail Information
Item Type |
JURNAL DOSEN
|
---|---|
Penulis |
Andri Priyoherianto - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edition | |
Departement | |
Contributor | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | Calory Journal : ., 2024 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |