TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT X KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO PERIODE PENELITIAN FEBRUARI – MARET 2023

Record Detail

Text

TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT X KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO PERIODE PENELITIAN FEBRUARI – MARET 2023

XML

ABSTRAK
Instansi pelayanan kefarmasian dituntut untuk menerapkan pelayanan yang bermutu dibidang kesehatan. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat, salah satunya dengan melihat dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi bagian yang menyeluruh dan kegiatan jaminan mutu dalam pelayanan kesehatan, artinya kepuasan pasien harus enjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari mutu pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit “X” Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo”. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua responden yang berkunjung ke Rumah Sakit “X”. Sampel berjumlah 95 yang diambil dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti adalah tingkat kepuasan berdasarkan pelayanan farmasi. Data diperoleh dari kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Analisi data menggunakan skor kepuasan dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit “X” Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo mencapai nilai dengan kenyataan IKM 82,840 dengan kategori pelayanan sangat puas sehingga diharapkan agar selalu meningkatkan kinerja petugas dalam melakukan pelayanan kefarmasian.

ABSTRACT
Pharmaceutical service agencies are required to implement quality services in the health sector. Quality service can be seen, one of which is by looking at the level of patient satisfaction. Patient satisfaction is an integral part of quality assurance activities in health services, meaning that patient satisfaction must be an activity that cannot be separated from the quality of health services. The purpose of this study was to evaluate the level of patient satisfaction with pharmaceutical services at “X” Hospital, Sukodono District, Sidoarjo Regency. This research method uses a quantitative descriptive research method. The population of this study were all respondents who visited “X” Hospital. A total of 95 samples were taken with a cross sectional approach. The variable studied is the level of satisfaction based on pharmaceutical services. Data were obtained from questionnaires that were filled in by the respondents themselves. Data analysis uses a satisfaction score with a Likert scale. The results of this study showed that the level of patient satisfaction with pharmaceutical services at “X” Hospital, Sukodono District, Sidoarjo Regency reached a value with the fact that the IKM was 82,840 in the category of satisfied services so that it is hoped that officers will always improve the performance of officers in carrying out pharmaceutical services.


Detail Information

Item Type
KARYA TULIS ILMIAH
Penulis
Riza Dwi Maisofah - Personal Name
Student ID
20012117
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
074117
Edition
Published
Departement
DEPARTEMEN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS AKADEMI FARMASI MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO
Contributor
Language
Indonesia
Publisher Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo : Krian.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
Copyright
Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail