Text
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DI APOTEK X
XMLABSTRAK
Salah satu standar pelayanan kefarmasian adalah pelayanan KIE. Apotek sebagai salah satu pemberi layanan, harus memperhatikan kepuasan pelayanan terhadap konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi di Apotek “X”. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang berkunjung ke Apotek “X”. Sampel berjumlah 90 yang diambil dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti adalah tingkat kepuasan berdasarkan pelayanan KIE. Data diperoleh dari kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Analisi data menggunakan skor kepuasan dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini konsumen di Apotek “X” sangat responsif terhadap pelayanan KIE dengan skor usia responden 55,5, skor jenis kelamin 61,1, skor pekerjaan 50 dan skor pendidikan responden 53,4. Dengan hasil penelitian ini terlihat kualitas pelayanan di apotek X yang memperhatikan pasiennya, sehingga akan meningkatkan kualitas hidup pasien.
ABSTRACT
One of the pharmaceutical service standards is KIE service. Pharmacy as one of the service providers, must pay attention to customer service satisfaction. The purpose of this study was to evaluate the satisfaction of communication, information and education services at the “X” Pharmacy. This research method uses a quantitative descriptive research method. The population of this study were all consumers who visited the "X" Pharmacy. A total of 90 samples were taken with a cross sectional approach. The variable studied is the level of satisfaction based on KIE services. Data were obtained from questionnaires that were filled in by the respondents themselves. Data analysis uses a satisfaction score with a Likert scale. The results of this study showed that consumers at the "X" Pharmacy were very responsive to KIE services with a score of 55.5 for the respondent's age, 61.1 for gender, 50 for occupation and 53.4 for education. With the results of this study, it can be seen that the quality of service at Pharmacy X pays attention to its patients, so that it will improve the quality of life of patients.
Detail Information
Item Type |
KARYA TULIS ILMIAH
|
---|---|
Penulis |
Ramadan Triono - Personal Name
|
Student ID |
20012115
|
Dosen Pembimbing |
Apt. Elly Purwati, S.Si., M.Farm-Klin - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Apt. Andri Priyoherianto, S.Farm., M.Si - - Ketua Penguji
Apt. Fahmi Ardianti Purnawiranita, S.Farm., M.Farm - - Penguji 1 Apt. Elly Purwati, S.Si., M.Farm-Klin - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
074117
|
Edition |
Published
|
Departement |
DEPARTEMEN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS AKADEMI FARMASI MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO
|
Contributor | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo : Krian., 2023 |
Edition |
Published
|
Subject(s) | |
No Panggil | |
Copyright |
Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo
|
Doi |