KARYA TULIS ILMIAH UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKTRAK ETANOL DAUN MELINJO ( Gnetum gnenom L.) DENGAN METODE PEREDAMAN DPPH (1,1-diphenil-2-pichylhydazyl)

Record Detail

Text

KARYA TULIS ILMIAH UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKTRAK ETANOL DAUN MELINJO ( Gnetum gnenom L.) DENGAN METODE PEREDAMAN DPPH (1,1-diphenil-2-pichylhydazyl)

XML

ABSTRAK
Antioksidan merupakan senyawa yang berperan dalam menghambat oksidasi yang diperantarai oleh oksigen. Senyawa antioksidan ini memiliki peran yang penting dalam pertahanan tubuh terhadap penyakit, hal ini disebabkan karena senyawa antioksidan mampu mencegah pengaruh buruk yang disebabkan oleh radikal bebas. Daun melinjo ( Gnetum gnenom L.) memiliki senyawa saponin, flavonoid dan tanin dan alkaloid diketahui bisa sebagai aktivitas antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya aktivitas antioksidan pada daun melinjo dan dengan pembanding vitamin C sekaligus senyawa yang terkandung didalamnya. Daun melinjo akan di keringkan untuk dijadikan sebagai simplisia dan dibuat ekstrak dengan metode maserasi. Ekstrak daun melinjo akan di uji skrining fitokimia untuk memastikan senyawa yang ada didalamnya. Larutan ekstrak akan diuji dengan ditambahkan larutan DPPH untuk mengetahui nilai absorbansinya dengan menggunakan spektrofotometri. Sebagai kontrol positifnya adalah vitamin C yang diperlakukan sama seperti sampel ekstrak dengan ditambahakan larutan DPPH dan dimasukkan spektrofotometri untuk mengetahui nilai absorbansinya.

ABSTRACT
Antioxidants are compounds that play a role in inhibiting oxygen-mediated oxidation. These antioxidant compounds have an important role in the body's defense against disease, this is because antioxidant compounds are able to prevent the bad effects caused by free radicals. Melinjo leaves (Gnetum gnenom L.) have saponin, flavonoid and tannin compounds and alkaloid known to have antioxidant activity. The purpose of this study was to determine the presence of antioxidant activity of melinjo leaves and by comparison with vitamin C as well as the compounds contained therein. Melinjo leaves will be dried to be used as simplicia and made extracts by maceration method. Melinjo leaf extract will be tested for phytochemical screening to ensure the compounds present in it. The extract solution will be tested with DPPH solution to determine the absorbance value using spectrophotometry UV-Vis. As a positive control, vitamin C was treated the same as the extract sample with DPPH solution added and spectrophotometry was added to determine the absorbance value.


Detail Information

Item Type
KARYA TULIS ILMIAH
Penulis
Susanti - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Panji Ratih Suci, S.Farm., M.Farm - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
074117
Edition
Published
Departement
Contributor
Language
Indonesia
Publisher Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo : Krian.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
Copyright
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail